Cara Membuat Website Ringan dan Cepat

Cara Membuat Website Ringan dan Cepat

Cara Membuat Loading Website Secepat Kilat

Optimasi Website Supaya Ringan dan Loading Cepat

Cara Mengatasi Loading Lambat Pada Website Anda

 

Paket WordPress Murah
Cara Mengatasi Website Lemot (Loading Lama)

Cara Membuat Website Ringan dan Cepat merupakan tema/ topik yang sangat penting bagi kita yang terjun di dunia website. Membangun website yang memiliki loading cepat tidaklah semudah membalikkan telapak tangan; namun tidak pula sesulit mengarungi samudra. Anda tidak hanya cukup tahu caranya tetapi juga harus mengimplementasikan (praktek langsung) ke website Anda. Banyak Faktor yang menyebabkan sebuah website mempunyai loading yang lambat, atau mungkin sangat lambat seperti keong. Tidak peduli platform yang Anda pakai itu adalah WordPress atau Blogger atau platform lain; penyakit Loading Lambat (LoLa) dapat menyerang website Anda.

Beberapa Faktor yang menyebabkan Loading Lambat adalah, Pertama Pilihan Tema yang tidak tepat; Kedua banyak file yang terlalu besar; Ketiga Terlalu banyak aksesoris; Ke Empat Hosting yang lambat, Ke Lima Lokasi Server Terlalu Jauh; Ke Enam Virus atau spam

Lho kenapa malah membahas faktor penyebab Loading Lambat? Ups… Tunggu Dulu; Seorang Dokter ketika akan memberikan resep obat pasti akan bertanya apa penyebabnya Anda sakit? Apa yang Anda rasakan sekarang? Sebelum sakit Anda makan apa/ melakukan aktifitas apa?

Mengapa seorang dokter yang ahli masih harus bertanya? Jawabannya adalah untuk memastikan resep obat yang akan diberikan tepat dan menghindari kesalahan diagnosis. Begitu pula pada website; jika Anda menginginkan website Anda sehat dan dapat berlari kencang, Anda harus menganalisa masalah/ penyebabnya terlebih dahulu; tenang saja; kami akan membantu dan memandu Anda secara perlahan…. So lanjutkan membaca; sruput dulu kopinya jika Anda ngopi…

Seberapa Cepat Website Anda?

Cara membuat website cepat dan tidak Lola
Cara Membuat Website Ringan dan Cepat

Cara Membuat Website Ringan dan Cepat

  1. Uji Kecepatan Website Anda dengan Link ini

https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

 

Jika kecepatan website Anda berada di inteval 0–49 website Anda tergolong Lambat

Jika kecepatan website Anda berada di inteval 49-89 website Anda tergolong Rata-Rata

Jika kecepatan website Anda berada di inteval 89-100 website Anda tergolong Cepat

Cara Membuat Website Ringan dan Cepat
Speed Test website

2. Alat Uji Kecepatan kedua

https://tools.pingdom.com/

Beberapa penilaian website yang dikatakan cepat dan lemot mempunyai kriteria seperti berikut:

  1. Dibawah 1 detik = Perfect
  2. 1-3 detik = above average
  3. 3-7 detik = average
  4. 7 detik keatas = very poor
Test Kecepatan Website
Load time Cloudwebindo 2.4s
Jika kecepatan website Anda berada di inteval 0–49 atau berada di dalam Load time diatas 7s; mari kita telaah kembali pernyataan kami di atas; mungkin ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan website Anda berjalan lambat.

Mengetahui Penyebab Website Loading Lama dan Solusi mengatasinya untuk Membuat Website Ringan dan Cepat

Penyebab pertama Theme/ Tema yang berat atau kurang responsif.

Setiap Theme atau Tema memiliki kelebihan dan kekurangan, bagi web developer hal ini pasti sudah dipertimbangkan dan dipahami sebelumnya sebelum akhirnya memutuskan memilih satu Theme atau Tema dari ribuan Theme atau Tema yang ada. Pilihlah Theme yang ringan dan responsif untuk membuat website Anda berlari kencang tanpa banyak loading. Terkadang hal ini akan mengorbankan tampilan elegant atau menghilangkan fitur seperti slider. Tapi jika itu pilihan nya apa boleh buat, pilihlah Theme yang responsif, biasanya Theme responsif juga bundling atau menyatu dengan SEO Friendly. Jika Anda ingin men-download Theme responsif untuk WordPress silahkan klik link-link dibawah ini

Airi (Responsif Theme)

https://athemes.com/theme/airi/

 

Sidney (Responsif dan Keren) klik dibawah ini

https://athemes.com/theme/sydney/

 

Olsen Light (Responsif Medsos sharing) klik saja di tulisan dibawah ini

Olsen Light 

 

Maaf kami cuma membagi-bagikan 3 Theme responsif saja disini untuk contoh, jika Anda ingin men-download nya silahkan tinggal di klik Gratisss…

Ketiga Theme diatas adalah contoh Theme responsif yang bisa Anda pakai untuk meringankan dan mempercepat Loading Website Anda.

Jika Anda ingin membuat website baru dan tidak ingin repot-repot mendesainnya kami menyediakan paket Website Murah Berkualitas berplatform WordPress, Anda dapat meminta Admin kami untuk pemasangan Theme responsif.

Untuk paket website nya klik DISINI

Atau Anda dapat menekan logo WhatsApp di layar Anda dan melakukan percakapan atau pemesanan dengan admin kami.

Penyebab Kedua, Website Anda Loading Lama, lambat selambat keong;

Adalah; konten Foto atau video yang file nya terlalu besar. Di era digital seperti saat ini banyak smartphone dengan Camera yang bagus-bagus dengan kualitas HD atau HDR, ketika Anda meng-upload foto dari smartphone dengan kualitas foto HDR maka file foto tersebut berukuran besar; bisa 2Mb, 3Mb, mungkin bisa 10Mb untuk Camera tertentu. Tentunya kualitas gambarnya bagus, tidak pecah jika di zoom atau di download. Tapi di Website kita bukan jualan Foto atau Video kecuali Anda memang membuat website untuk Video streaming dan foto-foto kualitas HDR. Jika Anda membangun sebuah Website untuk Pemasaran Produk Otomotif misalnya, Anda tidak perlu meng-upload foto berukuran besar, begitu pun website E comerce, website profesional, website profil perusahaan dll. Meng-upload foto/ video berukuran/ file besar dapat secara signifikan memperlambat loading website Anda.

Jika Foto-foto Anda berukuran dibawah 1Mb, Anda hanya perlu menginstal plug-in Smush image atau EWW image optimizer. Jika file foto Anda lebih besar dari 2Mb maka sebaiknya Anda mengompres/ memperkecil ukuran nya. Anda dapat mengompres/ memperkecil file foto Anda dengan mudah secara online dengan link dibawah ini…

http://jpeg-optimizer.com/

Ukuran File foto Anda sebaiknya lebih besar dari 20Kb dan Kurang dari 100Kb. Apakah nnti berpengaruh terhadap kualitas gambar? Tentu berpengaruh, cuma untuk tampilan di smartphone, ukuran file 20-100Kb masih terlihat jelas. Buat apa Anda menghabiskan storage dan bandwith untuk meng-upload file besar yang dapat memperlambat kinerja website Anda??

Semakin lambat website Anda maka akan semakin besar peluang pengunjung/ visitor menutup kembali website Anda! Disitulah Anda akan kehilangan penghasilan!

Tampilan website yang keren memang perlu, tapi kinerja website Anda adalah yang utama. Segala sesuatu yang memperlambat website Anda harus dihindari atau dibuang jauh-jauh, kalau Anda tidak ingin kehilangan visitor dan penghasilan.

Penyebab Ketiga, website Lola adalah

Terlalu banyak aksesoris seperti slider, terlalu banyak Plug-in WordPress yang tidak penting, Struktur Menu yang kacau dan masalah dalam Theme. Solusinya adalah; Mengurangi jumlah silde, 4-6 slider sudah cukup; visitor juga tidak akan menunggu sampai banyak slider untuk di lihat. Kurangi Plug-in yang tidak penting, misalkan Web Visitor View, Formulir, Slider plug-in (Jika Thema Anda tidak memakai Slider jangan memaksanya dengan instal Plug-in Slider); lebih baik Anda memakai Thema bawaan yang sudah terdapat fitur slider. Rapihkan struktur Menu Anda; Jangan sampai ada 2 Beranda ataupun 2 Menu dalam satu Theme, Keren memang; Namun lebih banyak efek negatifnya; seperti memperlambat website dan membuat mesin penelusur/ pencari sulit mengindex.

Penyebab ke Empat website Anda Lola adalah

Hosting yang lambat; mungkin karena kehabisan Bandwith atau mungkin hampir kehabisan storage. Periksa kembali kemampuan dan spesifikasi hosting Anda. Jika diperlukan upgrade hosting Anda ke layanan yang lebih baik. Untuk layanan unlimited bandwith kami menyediakannya di semua paket website dari paket termurah kami paket Silver. Hubungi kami melalui WhatsApp untuk mulai berkomunikasi dan melakukan pemesanan.

Penyebab Ke Lima website Anda Lola adalah

Lokasi Server Terlalu Jauh. Misalkan kita tinggal di Indonesia dan memilih server hosting Amerika/ US dan hosting yang Anda pakai adalah shared hosting yang kurang suport terhadap CDN (Content Delivery Network); maka otomatis visitor dari Indonesia akan dialihkan atau ditujukan ke server Amerika; hal ini membuat website Anda menangani banyak sekali dial/request sehingga menyebabkan website LoLa. Saran kami pilihlah server terdekat dengan Anda tinggal. Misalkan kita tinggal di Indonesia lebih baik memilih server yang berada di Indonesia, Singapura, paling tidak masih di Asia untuk mempercepat akses. Jika Anda memilih server yang cukup jauh misalkan di Jepang, maka ada baiknya Anda memilih hosting yang mendukung CDN dan mengaktifkan CDN. Untuk CDN akan kita bahas di lain waktu.

Penyebab Kelima adalah

Spam atau Virus. Berhati-hatilah ketika Anda akan menyetujui sebuah komentar, periksa didalamnya terdapat link buruk atau tidak. Periksa juga jika ada lampiran-lampiran yang mencurigakan. Jika ada hal yang mencurigakan tandai sebagai spam dan hapus permanent komentar tersebut. Komentar adalah salah satu jaln masuknya spam dan virus yang dapat memperlambat website Anda.

 

Demikianlah pembahasan kali ini tentang Cara Membuat Website Ringan dan Cepat serta cara mengatasi website yang lambat / Lola. Semoga bermanfaat. Share artikel ini jika bermanfaat; dan sampai Jumpa pada Artikel Selanjutnya Belajar SEO dari Nol Untuk Pemula.


3 thoughts on “Cara Membuat Website Ringan dan Cepat

  1. Apakah ini disebut juga ” optimasi website menjadi lebih responsif, lebih cepat dan ringan ” ?
    Apakah dengan melakukan cara-cara tersebut dapat meningkatkan SEO atau sebaliknya?
    Terimakasih infonya

    1. Benar,, Bisa juga disebut “Optimasi Website menjadi lebih Responsif”
      Optimasi ini adalah sebagian kecil dari SEO, namun sangat fundamental

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *